Senin, 15 Oktober 2007

Solidaritas untuk Bengkulu

[Solidaritas untuk Megawati Soekarnoputri] - Bencana alam kembali melanda Tanah Air. Bengkulu diguncang gempa berkekuatan 7,9 Skala Richter (SR). Akibatnya sangat fatal karena sejumlah bangunan hancur lebur dan korban manusia pun bergelimpangan. Saatnya, kita menunjukkan solidaritas dan kepedulian sosial kepada masyarakat Bengkulu.

Seperti diberitakan di media, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri secara spontan telah menunjukkan kepeduliannya dengan memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP agar segera berangkat ke lokasi gempa ke Bengkulu. Sekurang-kurangnya dua mobil ambulans dan tim medis yang terdiri dari 4 dokter dan 12 paramedis lansung meluncur ke Bengkulu. Dua mobil truk juga diboyong ke sana, lengkap dengan logistik seperti obat-obatan, tenda peleton, mi instan dan beras.

Bengkulu memang memiliki kedekatan historis dengan Megawati, karena ibu kandungnya Fatmawati yang akrab dipanggil Bu Fat, berasal dari Bengkulu. Namun, tentu saja bukan karena alasan historis itu kalau kemudian Megawati sangat responsif terhadap bencana ini. Keprihatinannya yang mendalam, sekaligus kepedulian sosialnya yang tinggi, pasti menjadi alasan utama untuk menolong sesamanya.

Sudah sepantasnya, upaya yang dilakukan oleh Megawati menjadi contoh yang baik bagi para pemimpin bangsa untuk lebih peduli kepada rakyat yang sedang tertimpa bencana. Untuk urusan tolong-menolong dan bergotong-royong, kita jangan terlalu tergantung kepada pemerintah, apalagi tugas utama pemerintah menyejahterakan rakyatnya belum bisa ditunaikan dengan baik. (Sumber : Sinar Harapan, Suara Karya, The Jakarta Post)

Tidak ada komentar: